MAINKAN MUSIKMU. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Ansambel Musik

Kita tentu pernah mendengar kata-kata seperti ansambel, di sekolahan kita sudah pernah dibelajari materi ansambel musik oleh guru seni musik kita. Tapi apakah kita sudah benar-benar paham mengenai ansambel itu sendiri..? mulai dari pengertian ansambel musik itu sendiri sampai pada aplikasinya (maklum saya ga pernah perhatiin pelajaran :-p ).Nah kali ini kita akan membahas semua yang berkaitan dengan Ansambel.

Pengertian ansambel, dan jenisnya.

Permainan alat musik yang dimainkan secara bersama-sama dalam jumlah lebih dari 2 pemain. Untuk permainan ansambel ini bisa menggunakan alat yang sejenis ataupun yang campurans. Misalnya saja untuk ansambel gitar, semua pamain menggunakan alat musik gitar, kalau ansambel tiup, semua pemain menggunakan alat musik tiup, terserah mau merk apa aja :-p . Ini disebut "Ansambel Musik Sejenis". Ada juga ansambel yang menggunakan alat musik yang berbeda jenis, misalnya gabungan antara ala musik gitar, recorder, dan pianika, ini biasanya digunakan untuk pembelajaran ansambel di sekolahan. Ini disebut dengan "Ansambel Musik Campuran".

Alat Musik ynag Dipakai dalam Permainan Ansambel.


Hmm.... namanya juga permainan musik, jadi juga harus pakai alat musik. Kira-kira apa sih alat musik yang bisa dipakai untuk bermain ansambel ?

Begini ceritanya...
:-p kayak orang lagi mendongen aja...

Dalam permainan ansambel alat musik dapat dikelompokkan menjadi berdasarkan pada :

1. Berdasarkan cara memainkanya :

  • dipukul : misalnya saja, drum, triangle, dll.
  • ditiup : misalnya saja, recorder, pianika, harmonika, terompet, dll
  • dipetik : misalnya, gitar, bass, cello, mandolin, dll.
  • digesek : misalnya biola.
2, Berdasarkan fungsinya :
  • alat musik melodis : berfungsi untuk memainkan rangkaian susunan nada yang merupakan melodi. Contohnya : pianika, recorder, biola, dll.
  • alat musik ritmis : berfungsi unuk mengatur tempo, atau irama. Contohnya: snar drum, bass drum, cymbal, triangle, dll.
  • alat musik harmonis ; berfungsi sebagai pengiring jalannya sebuah lagu dalam permainan musik ansambel. Contoh : gitar, piano, organ, dll.
3. Berdasarkan Sumber bunyinya.
  • Idiofon, adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari bahan dasarnya. Contoh: kolintang, drum, bongo, kabasa, angklung
  • Aerofon, adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari hembusan udara pada rongga. Contoh: suling, terompet, harmonika, trombone.
  • Kordofon, adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai. Contoh: bass, gitar, biola, gitar, sitar, piano, kecapi
  • Membranofon, adalah alat musik yang sumber bunyinya dari selaput atau membran. contoh : tifa, drum, kendang, tam-tam, rebana
  • Elektrofon, adalah alat musik yang sumber bunyinya dibangkitkan oleh tenaga listrik (elektronik). Contoh : kibor, gitar listrik, bass listrik


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Anonim mengatakan... Reply

ane pemain band sekaligus lead gitaris,jadi tidak terlalu suka musik ansambel

Poskan Komentar